10 Cara Untuk Mengatasi Sakit Gigi

BERITA BAGUS_10 Cara Untuk Mengatasi Sakit Gigi,Nyeri ringan sampai berat di gigi dan area sekitarnya seperti rahang umumnya disebabkan oleh kerusakan gigi. Rasa sakit mungkin datang dan pergi atau bisa juga konstan. Hilangkan nyeri dengan cara mengatasi sakit gigi di rumah.
Saat sedang sakit gigi, kemungkinan besar kamu akan merasakan gejala nyeri saat menggigit atau mengunyah. Gigi juga menjadi sangat sensitif terhadap suhu makanan, gusi dan pipi dekat gigi menjadi bengkak, gusi berdarah, dan nyeri nyut-nyutan di gigi.
cara mengatasi sakit gigi Air garam dapat berperan sebagai disinfektan alami dalam penanganan sakit gigi
Jangan sampai aktivitasmu terhambat karena sakit gigi. Tangani dengan beberapa cara mengatasi sakit gigi berikut ini!
“Bahkan sakit gigi juga dapat disertai pusing, nyeri leher, nyeri telinga, demam, dan bau mulut. Seluruh gejala ini akan membuat sakit semakin menyiksa hingga sulit berbicara, makan, dan tidur “
1. Berkumur Air Garam
Sebelum pergi ke dokter gigi, coba lah untuk mengurangi rasa nyeri tajam pada gigimu. Salah satu cara mengatasi sakit gigi yang sudah terkenal ampuh yaitu dengan berkumur air garam hangat. Air garam dapat berperan sebagai disinfektan alami.
Sama seperti obat kumur lainnya, air garam mampu membantu melepaskan partikel sisa makanan yang menyangkut di gigi. Selain itu, peradangan dapat mereda serta luka di bagian dalam mulut akan membaik dengan bantuan air garam hangat.
Langkah membuatnya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampur ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan air tersebut untuk berkumur, ingat untuk tidak menelan larutan tersebut.
2. Berkumur dengan Hidrogen Peroksida
Saat mengalami sakit gigi, kamu bisa menggunakan hidrogen peroksida sebagai pereda sakit di rumah. Bahan ini dapat membantu melawan bakteri dan kuman yang ada di mulut dan gigi yang mengalami peradangan.
Tak hanya itu, plak dan gusi berdarah juga dapat kamu atasi dengan cairan ini. Sehingga, rasa sakit dan gejala sakit gigi dapat berkurang.
Sebelum menggunakan hidrogen peroksida kamu harus mencampurnya dahulu dengan air agar gigi dan gusi yang sehat tetap aman. Penggunaan bahan ini tanpa air dapat membahayakan gigi dan gusi.
Campur 3 persen hidrogen peroksida dengan air dalam jumlah yang sama. Lalu, gunakan sebagai cairan kumur. Ingat, cairan ini tidak untuk diminum, ya!
Konsultasi Dokter
Siang dok! sepertinya gigi saya berlubang dan cukup parah, karena sakit banget. nyembuhin yang ga perlu ke dokter sama ga minum obat ada ga dok?
Jawaban Dokter
3. Kompres Dingin
Sakit gigi umumnya dikuti oleh bengkak di gusi dan pipi dekat lokasi sakit. Bengkak yang muncul mungkin menunjukkan adanya infeksi dalam gusi. Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat mengompres pipi yang bengkak dengan air dingin atau es.
Kompres dingin akan membuat pembuluh darah menyempit sehingga sakit berkurang. Rasa dingin juga dapat mengempeskan bengkak dan meredakan radang.
Kompres dapat berupa es yang dibungkus handuk kemudian ditempelkan di bagian yang bengkak selama 20 menit. Kamu dapat mengulangi proses ini setiap beberapa jam.
cara mengatasi sakit gigi
Meredakan sakit gigi secara tradisional dapat dilakukan dengan memanfaatkan bawang putih
4. Manfaatkan Bawang Putih
Bahan-bahan di dapur juga bisa kamu manfaatkan untuk mengurangi nyeri nyut-nyutan akibat masalah gigi. Salah satunya dengan penggunaan bawang putih sebagai antibiotik alami. Bawang putih mengandung alisin, yang dipercaya dapat membantu melawan infeksi.
Konsumsi bawang putih melalui masakan sehari-hari telah populer untuk menurunkan kerentanan terhadap infeksi. Agar efeknya lebih cepat dan ampuh, coba haluskan dan hancurkan bawang dengan sedikit garam dan segera dioleskan ke area yang terinfeksi.
Meski tidak akan menyembuhkan infeksi, namun tips ini akan meredakan nyeri dan mencegah infeksi bertambah berat.
5. Atasi dengan Minyak Cengkeh
Cara mengatasi sakit gigi lainnya yaitu dengan memanfaatkan minyak cengkeh yang bisa kamu beli di apotek. Minyak cengkeh akan meredakan nyeri untuk sementara waktu. Peradangan juga akan berkurang.
Minyak cengkeh mengandung eugenol yang merupakan antiseptik alami. Cara penggunaannya dengan menggigit kapas yang sudah direndam atau diberi minyak cengkeh di bagian gigi yang sakit. Lakukan selama beberapa kali sehari.
Minyak cengkeh dapat bekerja seefektif benzocaine, senyawa yang digunakan untuk meredakan nyeri pada gigi.
6. Gunakan Daun Jambu
Selain bawang putih dan cengkeh, bahan alami lainnya yang mampu meringankan sakit gigi yaitu daun jambu. Daun dari buah berbiji ini memiliki sifat anti-peradangan yang membantu menyembuhkan luka. Bukan itu saja, daun jambu memiliki sifat antimikroba. Beragam sifat baik tersebut dapat bekerja dalam perawatan gigi dan mulut.
Cara menggunakannya juga mudah sekali, cukup kunyah daun jambu segar. Atau jika kamu tidak mau mengunyah daun mentah, coba tambahkan daun jambu yang sudah dihancurkan ke air mendidih, kemudian setelah hangat gunakan sebagai larutan kumur.
7. Cobalah Teteskan Minyak Vanili
Kamu juga bisa menggunakan minyak vanili untuk mengobati sakit gigi nyut-nyutan. Minyak vanili telah lama dimanfaatkan untuk meredakan sakit dan ngilu pada gigi. Nyatanya, kandungan alkohol dan senyawa antioksidan di dalam ekstrak tanaman ini lah yang berperan memberikan khasiat tersebut.
cara mengatasi sakit gigi secara alami
Pasta atau minyak jahe diteliti dapat digunakan sebagai cara mengatasi sakit gigi secara alami
8. Mengonsumsi atau Mengoleskan Jahe
Selain mengobati berbagai jenis gangguan kesehatan pada saluran cerna, jahe juga dapat digunakan untuk mengobati gusi bengkak dan nyeri pada gigi. Sebuah studi membandingkan efek antinyeri dan antiradangnya dengan obat ibuprofen.
Rimpang ini dapat dikonsumsi sebagai kapsul serbuk jahe, air rebusan jahe, atau mengolahnya menjadi pasta jahe yang ditempelkan pada bagian gigi yang sakit. Kamu juga bisa menggunakan minyak jahe yang diteteskan pada gigi.
9. Gunakan Karbon Aktif
Karbon aktif (activated charcoal) umumnya digunakan untuk menangani keracunan. Bahan ini dikonsumsi dalam bentuk tablet yang akan menyerap racun pada saluran cerna dan membuangnya bersama dengan tinja.
Namun, karbon aktif ternyata dapat juga digunakan untuk membantu meredakan nyeri pada gigi. Rutin menyikat gigi dengan bahan ini dapat membantu mengikat dan menghilangkan plak tumpukan sisa makanan dan bakteri yang melekat pada gigi.
Menurut sebuah penelitian, karbon aktif dapat mencegah gigi berlubang dan membantu menjaga kesehatan mulut agar terhindar dari sariawan hingga memutihkan gigi.
10. Minum Obat Pereda Sakit
Bila cara-cara alami tidak mampu mengobati sakit gigimu, mungkin kamu juga membutuhkan obat pereda rasa sakit. Beberapa obat yang dapat dikonsumsi di antaranya adalah paracetamol atau ibuprofen.
Kamu juga bisa mengonsumsi aspirin atau asam mefenamat untuk menurunkan rasa nyeri. Obat ini dikonsumsi berdasarkan resep dari dokter. Selain itu, gunakanlah obat sesuai petunjuk dan arahan dokter.
Cara mengatasi sakit gigi memang dapat dilakukan dengan bantuan beberapa bahan alami. Meski begitu, jika kondisi gigimu tidak kunjung membaik, disarankan kamu segera mengonsultasikannya ke dokter. Tentunya dengan tujuan agar kamu mendapat pengobatan yang tepat dan lebih cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *