Cara Menggunakan Facebook Instant Articles di WordPress

Artikel Instan Facebook  Para blogger dan Penerbit pasti punya banyak strategi untuk memasarkan bisnisnya. Didukung oleh pesatnya perkembangan media sosial membuat para blogger memanfaatkannya sebagai sarana mempublikasikan konten. Facebook adalah salah satunya. Media sosial yang paling populer ini banyak membantu para blogger sekaligus konten barang dan jasanya.

Konten yang dibintangi atau dibagikan lewat facebook memang tidak terlihat saat ini. Namun ternyata banyak juga yang mengeluhkan tentang tampilan konten blog yang mengandung loading dalam waktu cukup lama saat buka melalui smartphone. Untuk keperluan Facebook akhirnya meluncurkan fitur Facebook Instant Articles. Lebih dalam akan kami ulas detailnya berikut ini. Silahkan disimak.

Cara Menggunakan Artikel Instan di WordPress

Apa itu Artikel Instan Facebook?

Facebook Instant Articles adalah fitur baru dari Facebook yang menawarkan konten secara langsung sehingga lebih mudah diakses para pengguna yang sedang menjalankan versi mobile facebook. Jika anda menjumpai sebuah karya yang dibagikan lewat facebook yang memiliki tanda petir atau terang bolt di sebelah kanannya, itu menandakan isinya yang dibagikan menggunakan fiitur Facebook  Instan article.

Rasakan kemudahan membukanya yang suka jika anda membuka konten yang tidak menggunakan fitur ini. Hal ini terjadi karena layanan hosting yang disediakan jadi anda tidak perlu tutup Facebook untuk membaca sebuah isi blog atau situs tertentu. Tools ini memang didesain untuk membantu blogger, marketer serta para pemilik bisnis online

Manfaat untuk Blogger

Berikut adalah manfaat Facebook Artikel Instan untuk para blogger.

  1. Facebook memiliki pengguna lebih dari 1,65 milyar. Segmen pasar yang menjadi target para blogger atau marketer yang ingin menawarkan barang dan jasanya pasti mudah dijumpai.
  2. Konten yang cepat dan mudah dibuka akan membuat para pengguna lebih memilih Facebook dari media sosial lainnya. Hal ini jelas sangat menguntungkan para blogger yang telah memilih Facebook sebagai sarana publikasinya.
  3. Facebook Artikel Instan memiliki beberapa elemen yang membuat sebuah blog atau web terlihat menonjol.
  4. Semakin banyak pengguna yang meng-klik suatu konten, Facebook akan memberi perlakuan istimewa pada konten tersebut

Cara Cepat Menggunakan Facebook di WordPress

Bagi pengguna WordPress, Facebook Instant Articles ini sangat mudah digunakan. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buatlah Facebook Page. Ini adalah syarat utama karena suatu konten tidak akan pernah bisa muat tanpa halaman blog di Facebook sendiri.
  2. Siapkanlah minimal 10 artikel yang sudah pernah diterbitkan karena yang boleh menggunakan fitur Facebook Artikel Instan ini hanya blog atau web yang minimal memiliki 10 artikel.
  3. Carilah plugin seperti misalnya LH Artikel Instan untuk WordPress yang sudah banyak tersedia saat ini.
  4. Buatlah logo berformat .PNG dengan latar transparan dan minimal minimal 690 px untuk lebarnya dan 132 px untuk tinggi
  5. Setelah semuanya siap, instal plugin terlebih dahulu dengan cara masuk ke  Dashboard , lanjutkan ke bilah  Plugins , klik  Add New  laluambah  LH Instant Articles .
    Cara Menggunakan Artikel Instan di WordPress

    Cara Menggunakan Artikel Instan di WordPress
  6. Jika sudah selesai diinstall, buka dan masuklah ke bagian  Setting .Isikan  Facebook Page ID  anda lalu di bagian bawahnya akan ada pilihan postingan yang akan dimuat dalam versi Artikel Instan. Silahkan pilih  Post . Setelah itu jangan lupa tekan  save.
  7. Tinggalkan tab dulu  Dashboard di  blog dan masuk ke halaman  Facebook Artikel Instan . Kalau punya lebih dari satu halaman, maka pilihlah salah satu saja.

    Cara Menggunakan Artikel Instan di WordPress
  8. Klik  Akses  dan selanjutnya anda akan melihat tampilan bilah.
  9. Pilih  Hubungkan Situs Anda , maka isi kolom  URL  dengan alamat blog WordPress milik anda. Jangan lupa untuk membasmi  Page ID  yang diterbitkan. 

    Cara Menggunakan Artikel Instan di WordPress
  10. Kembalilah ke halaman  Setting  dari plugin LH Artikel Instan dan pastekan  ID halaman  yang telah anda salin kemudian klik  Simpan  Perubahan .
  11. Setelah itu bukalah kembali Page Facebook anda lalu klik  Klaim URL  website anda.
    Cara Menggunakan Artikel Instan di WordPress

    Cara Menggunakan Artikel Instan di WordPress
  12. Umpankan postingan blog anda dengan cara memilih  Produksi Umpan RSS , kemudian isilah kolomnya dengan URL umpan blog yang telah disediakan oleh plugin LH Artikel Instan. Klik  Simpan  setelahnya.
  13. Selanjutnya, pilih tab  Gaya  lalu klik  Default . Tunggulah sampai popup tampilan gaya muncul dan pilihlah  Logo . Upload gambar logo blog yang sudah anda buat sebelumnya, maka klik  Simpan .
  14. Jika langkah-langkah di atas sudah anda lengkapi, maka sekarang saatnya melakukan pengajuan ke tim Facebook. Muat ulang halaman alat pengisian lalu masuklah pada bilah  Penyiapan Awal  dan pilih  Ajukan Untuk Pengajuan . Terakhir, klik tombol  Pengajuan . Jika belum bisa, anda diharuskan minimal 10 artikel untuk melakukan pengajuan.
  15. Tunggulah dalam waktu satu sampai lima hari kerja. Jika tim Facebook tidak ada masalah dengan pengajuan, maka anda akan diijinkan menggunakan fitur Facebook Instant Articles. Mulailah untuk mempublikasikan konten blog anda

 

Kelebihan Artikel Instan Facebook

Inilah beberapa kelebihan artikel instan Facebook.

  1. Konten blog lebih mudah dan cepat buka. Super cepat, bahkan lebih cepat dari AMP.
  2. Tampilannya ringan namun elegan.
  3. Bisa dicustom atau dimodifikasi sesuai keinginan.
  4. Bisa menampilkan iklan
  5. Selain iklan, Facebook Instant Articles juga bisa menampilkan video autoplay.
  6. Memudahkan pengguna WordPress self hosting yang menggunakan plugin Facebook Instant Articles.
  7. Sangat membantu para pebisnis online.

Kekurangan artikel instan Facebook

Alat secanggih apapun pasti punya kelemahan. Tak terkecuali dengan fitur Facebook yang satu ini. Berikut adalah beberapa kelemahan dari Facebook Instant Articles.

  1. Hanya tersedia untuk Facebook Apps dengan sistem operasi Andriod dan iOs saja. Hal ini mirip dengan AMP yang hanya bekerja pada Google Search Engine.
  2. Sulit digunakan oleh para blogger yang menggunakan Blogspot.
  3. Tidak berlaku untuk pengguna WordPress.com.
  4. Efek AMP, setelan tampilan iklan di Facebook Artikel Instan juga harus disesuaikan.
  5. Pengguna yang ingin memiliki fasilitas dari fitur Facebook yang satu ini harus membuat aplikasi terlebih dahulu. Selain itu, pengguna juga harus memiliki halaman Aplikasi Facebook.
  6. Template yang tidak mengandung unsur HTML tidak bisa dikenali atau ditransformasikan langsung oleh Facebook.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *