Lumba-lumba memiliki tingkat kecerdasan yang melebihi tingkat hewan lain

BERITA BAGUS_Lumba-lumba bukanlah hewan yang asing bagi manusia. Perilakunya yang jinak dan cekatan menyebabkan hewan ini disukai oleh manusia, terutama anak-anak. Ada begitu banyak jenis lumba-lumba yang diketahui oleh manusia. Namun dari sekian banyak lumba-lumba tersebut, lumba-lumba hidung botol adalah jenis lumba-lumba yang paling dikenal oleh manusia.Bukan tanpa alasan lumba-lumba hidung botol menjadi jenis lumba-lumba yang paling familiar di mata orang awam. Hewan yang masih tergolong mamalia laut ini amat mudah dikenali dengan melihat moncongnya yang berbentuk panjang.
Lumba-lumba hidung botol juga memiliki tingkat kecerdasan yang melebihi tingkat kecerdasan hewan laut pada umumnya. Itulah sebabnya di sejumlah negara, hewan ini dengan sengaja dilatih untuk melakukan atraksi semisal melompati gelang raksasa supaya bisa menghibur para penonton. Jika sang lumbalumba berhasil melakukan tugasnya dengan baik, maka lumba-lumba tersebut bakal diberikan hadiah ikan.Namun lumba-lumba bukan hanya bisa menghibur manusia di tempat tertutup. Di tempat terbuka semisal di pantai dan laut lepas, lumba-lumba juga tetap bisa menjadi sumber atraksi bagi manusia. Di Indonesia misalnya, wisata melihat lumba-lumba di habitat aslinya menjadi salah satu wisata yang ditawarkan di Pantai Lovina di pantai utara Bali.
Bukan hanya Bali yang memiliki atraksi berinteraksi langsung dengan lumba-lumba di habitat aslinya. Di Perancis sana, ada sebuah pantai di mana para pengunjungnya bisa berinteraksi langsung dengan lumba-lumba. Pantai tersebut terletak di kota Landévennec, Perancis utara. Zafar adalah nama dari lumba-lumba yang menjadi sumber atraksi utama di pantai yang bersangkutan. Selama dua bulan terakhir,lumba-lumba hidung botol berukuran 3 meter tersebut dikabarkan sudah menghibur para wisatawan denganperilaku bersahabatnya.

BACA JUGAPernahkan kalian mendengar kisah tentang keajaiban surat botol,Setelah 29 tahun dibuang ke laut kembali ke pemilik

Saat ada kapal yang melintas, Zafar akan mencoba menarik perhatian mereka dengan cara berenangrenang di sekitar kapal. Zafar juga tidak berusaha melawan saat ada perenang yang mencoba menyentuh dirinya. Maka bukan hal yang mengherankan kalau kemudian Zafar kemudian bak menjadi idola baru di pantai tersebut. Zafar sendiri awalnya dikabakarkan menampakkan diri di dekat pelabuhan kota Brest. Di sanalah awalnya pelancong setempat mengenal Zafar perilaku jinaknya. Saat ada orang yang mendayung di dekatnya, Zafar akan menunjukkan perilaku seolah-olah ingin mengajak bermain. Lalu sesudah itu, Zafar berpindah ke selatan – ke pantai kota kecil Landévennec yang berpenduduk hanya 300 jiwa.

Dengan melihat hal-hal tadi, maka keberadaan Zafar nampaknya menjadi berkah tersendiri bagi penduduk desa yang bersangkutan. Pasalnya tidak sedikit orang yang dengan sengaja jauh-jauh datang ke pantai ini hanya untuk bertemu langsung dengan Zafar. Ditambah lagi tidak semua pantai memiliki lumba-lumba jinak yang bisa berinteraksi langsung dengan manusia.Namun ternyata anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Menjelang akhir bulan Agustus lalu, Roger Lars selaku walikota Landévennec justru memerintahkan agar pantai tersebut segera ditutup setiap kali Zafar menampakkan diri. Ia beralasan kalau keberadaan Zafar justru membahayakan pengunjung pantai yang lain.Lho?

Lars memiliki dasar pendapatnya sendiri saat mengeluarkan perintah tersebut. Menurut Lars, Zafar belakangan menunjukkan perilaku aneh yang ia khawatirkan bakal membahayakan keselamatan pengunjung pantai. Perilaku aneh yang ia maksud adalah Zafar kerap menggosok-gosokkan badannya sendiri ke badan kapal dan perenang. Ia bahkan tetap melakukan hal itu kendati sedang berada di perairan dangkal. Usut punya usut, perilaku Zafar ini ternyata terjadi karena lumba-lumba tersebut kesepian. Karena ia tidak memiliki lumb-lumba lain yang bisa ia jadikan pasangan kawin, Zafar pun nekat melampiaskan hasrat seksualnya ke objek apapun yang kebetulan ada di dekatnya. Tak terkecuali manusia dan bahkan benda mati macam kapal.

Satu tanggapan untuk “Lumba-lumba memiliki tingkat kecerdasan yang melebihi tingkat hewan lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *