Selain Menyehatkan Bayi, Menyusui Bisa Menurunkan Risiko Diabetes

BERITA BAGUS – Sebuah studi menemukan jika wanita melahirkan yang mengalami diabetes gestasional akan mengalami penurunan risiko diabetes tipe 2 setelah menyusui. Jika dibandingkan dengan perempuan yang memilih memberikan susu formula pada bayinya, perempuan yang menyusui bayinya sendiri akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai risiko penyakit mematikan.

BERITA  TERKAIT 

Penyebab sipilis tau lebih sering disebut raja singa

Sipilis atau lebih sering disebut raja singa, adalah sebuah infeksi bakteri yang biasanya menyebar melalui kontak seksual. Penyakit ini ditandai dengan adanya rasa sakit yang luar biasa pada pada alat kelamin, rektum atau mulut. Sipilis menyebar dari orang ke orang melalui kulit atau selaput lendir yang memiliki kontak dengan luka tersebut.

Setelah mengalami infeksi ini, bakteri sipilis akan tertidur dalam tubuh selama puluhan tahun sebelum akhirnya aktif kembali. Deteksi dini bisa membuat penyakit ini disembuhkan hanya dengan satu suntikan penisilin.

Namun jika tidak diobati, sipilis dapat merusak jantung, otak atau organ lain, dan bahkan menyebabkan kematian.

Apa yang dapat membuat Anda terjangkit raja singa?

KLIK

Melansir dari laman medicaldaily.com, ibu menyusui sedikitnya selama satu tahun bisa mengalami penurunan risiko diabetes hingga 2 kali lebih besar dibandingkan mom yang tidak menyusui.

Penelitian yang dilakukan pada 1000 perempuan penderita diabetes gestasional, ditemukan hampir 12%nya mengalami risiko diabetes tipe 2 lebih besar beberapa tahun ke depan karena tidak menyusui buah hatinya. Perempuan yang menyusui buah hatinya mengalami penurunan risiko diabetes antara 35 – 37 persen dalam jangka dua tahun. Ini tergantung pada intensitas menyusui yang dilakukan.

Tak hanya menurunkan risiko diabetes, perempuan yang menyusui buah hatinya juga mengalami penurunan risiko kanker payudara.

Selain itu, menyusui juga bermanfaat merangsang pelepasan hormon oksitoksin yang bisa membantu meningkatkan kesehatan mental mom, membuat perasaan jadi makin bahagia dan menurunkan risiko depresi. Menyusui juga mendukung tumbuh kembang bayi dengan lebih baik.

Satu tanggapan untuk “Selain Menyehatkan Bayi, Menyusui Bisa Menurunkan Risiko Diabetes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *